LAPORAN
WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR PTK DIKDAS
MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN SMP
KABUPATEN PURWOREJO
TAHUN2012
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sampai saat ini, fakta objektif di lapangan menunjukkan bahwa eksistensi
guru nasional cenderung kurang memuaskan. Hal demikian berakibat pada lambatnya
peningkatan mutu pendidikan nasioal sehingga kurang mendukung terwujudnya
sumber daya manusia (SDM) pembangunan nasional yang andal dan professional.
Akibatnya SDM nasional kurang mampu bersaing secara optimum, baik pada tataran
nasional maupun internasional.
Sehubungan dengan itu, perlu peningkatan kompetensi, pengembangan
profesionalitas, dan pengembangan karir guru nasional melalui berbagai daya dan
upaya . Salah satunya yaitu melalui pemberdayaan kelompok kerja, khususnya
musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) untuk sekolah menengah pertama (SMP) di
seluruh wilayah republik tercinta ini. Hal demikian karena secara empirik MGMP
SMP tersebut telah menunjukkan partisipasi aktif untuk meningkatkan frekuensi,
intensitas, motivasi, disiplin, dan tanggungjawab dalam pengembangan karir
anggotanya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.
Secara empirik, pemberian bantuan dana kepada kelompok kerja guru,
khususnya MGMP SMP, telah memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan mutu
guru di tanah air. Pemberian bantuan dana kepada MGMP SMP tersebut telah mampu
mendorong guru untuk mengembangkan karirnya secara proposional dan
membanggakan.
Pemberian bantuan dana kepada kelompok kerja guru, khususnya MGMP
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo akan digunakan untuk
kegiatan workshop pengembangan karir guru, yang meliputi: Pengembangan Diri,
Publikasi Ilmiah, Karya Inovatif, Penulisan Artikel Jurnal, dan Penulisan Karya
Ilmiah Populer. Pengembangan diri yang sesuai dengan kebutuhan guru anggota
MGMP Pendidikan kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo adalah pengembangan:
Silabus, Program Tahunan, Program Semester, dan Rencana Persiapan Pembelajaran.
Sedangkan Karya Inovatif yang dipilih adalah: Penyusunan Soal. Dan Penulisan
publikasi ilmiah yang dipilih adalah: Penulisan Modul/Diktat.
2. Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai
acuan dalam pelaksanaan Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP SMP Tahun 2012 ini
antara lain:
1. Program Kerja MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo
Periode Tahun 2012 – 2016;
2. Pedoman Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP
SMP/Satlakdik TNI Tahun 2012, Buku 3, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas,
Kemdikbud.
3. Pertemuan Pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten
Purworejo Periode Tahun 2012 – 2016 tanggal 14 Mei 2012 di SMP Negeri 34 Purworejo.
4. Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Nomor : 5546/C5.3/LL/2012
tanggal 16 Juli 2012 tentang Pemberitahuan Blockgrant Pembinaan Karir melalui
MGMP.
3. Tujuan
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan
bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas, khususnya untuk guru SMP
Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo ini bertujuan agar:
a. guru mampu mengembangkan silabus yang sesuai dengan kondisi
masing-masing sekolahnya;
b. guru mampu mengembangkan program tahunan yang sesuai dengan kondisi
masing-masing sekolahnya;
c. guru mampu mengembangkan program semester yang sesuai dengan kondisi
masing-masing sekolahnya;
d. guru mampu mengembangkan rencana persiapan pembelajaran yang sesuai
dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
e. guru mampu menulis modul/diktat sesuai dengan mata pelajaran yang
diajarkan;
f.
guru mampu menyusun soal yang sesuai
dengan kaidah penulisan soal.
g. guru mampu menulis artikel jurnal dengan baik dan benar.
h. guru mampu menulis artikel ilmiah populer dengan baik dan benar.
4. Sasaran
Sasaran peserta kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana
pengembangan karir PTK Dikdas ini adalah guru Pendidikan Kewargnegaraan SMP
Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo sejumlah: 30 orang.
5. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan workshop ini adalah
adanya 30 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten
Purworejo yang mampu menghasilkan:
1. memiliki kesamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan
karirnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya;
2. mampu meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas pengembangan
karirnya masing-masing di sekolahnya;
3. mampu meningkatkan pengembangan karirnya masing-masing sesuai dengan
kebutuhan di sekolahnya.
6. Manfaat
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir
PTK Dikdas ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh:
1. Pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo sebagai
acuan pelaksanaan kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana
pengembangan karir PTK Dikdas;
2. Peserta kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan
karir PTK Dikdas sebagai acuan untuk memiliki kesamaan persepsi dan komitmen
yang tinggi untuk mengembangkan karirnya, meningkatkan motivasi, frekuensi, dan
intensitas pengembangan karirnya, dan meningkatkan pengembangan karirnya
masing-masing sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya.
7. Dampak
Dampak dari pelaksanaan kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan
dana pengembangan karir PTK Dikdas ini, antara lain:
1. meningkatnya frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar
pikiran dan pengalaman antar guru peserta kegiatan ini;
2. meningkatnya profesionalitas guru peserta kegiatan ini yang dibuktikan
melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan karir;
3. meningkatnya keberdayaan guru peserta kegiatan ini dalam pengembangan
karir;
4. meningkatnya perolehan angka kredit guru peserta kegiatan ini;
5. meningkatnya kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan jabatan fungsional
guru peserta kegiatan ini;
6. meningkatnya karir guru peserta kegiatan ini;
7. meningkatnya kinerja guru peserta kegiatan ini;
8. meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran;
9. meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan nasional;
10. meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.
PELAKSANAAN
A. Tempat dan Waktu
Tempat : SMP Negeri 11 Purworejo
Hari : Setiap
hari Senin
Tanggal : 3 September 2012 sampai dengan 5 November 2012
Jam : 07.30
– 11.30 (pertemuan pertama)
13.00 –
17.00 (pertemuan kedua)
No
|
Pert. ke:
|
Hari
|
Tanggal
|
Jam
|
1
|
Pertama
|
Senin
|
3 September 2012
|
07.30 – 11.30
|
2
|
Kedua
|
Senin
|
3 September 2012
|
13.00 – 17.00
|
3
|
Ketiga
|
Senin
|
10 September 2012
|
07.30 – 11.30
|
4
|
Keempat
|
Senin
|
10 September 2012
|
13.00 – 17.00
|
5
|
Kelima
|
Senin
|
17 September 2012
|
07.30 – 11.30
|
6
|
Keenam
|
Senin
|
17 September 2012
|
13.00 – 17.00
|
7
|
Ketujuh
|
Senin
|
24 September 2012
|
07.30 – 11.30
|
8
|
Kedelapan
|
Senin
|
24 September
2012
|
13.00 – 17.00
|
9
|
Kesembilan
|
Senin
|
1 Oktober 2012
|
07.30 – 11.30
|
10
|
Kesepuluh
|
Senin
|
1 Oktober 2012
|
13.00 – 17.00
|
11
|
Kesebelas
|
Senin
|
8 Oktober 2012
|
07.30 – 11.30
|
12
|
Keduabelas
|
Senin
|
8 Oktober 2012
|
13.00 – 17.00
|
13
|
Ketigabelas
|
Senin
|
22 Oktober 2012
|
07.30 – 11.30
|
14
|
Keempatbelas
|
Senin
|
22 Oktober 2012
|
13.00 – 17.00
|
15
|
Kelimabelas
|
Senin
|
5 Nopember 2012
|
07.30 – 11.30
|
16
|
Keenambelas
|
Senin
|
5 Nopember 2012
|
13.00 – 17.00
|
B. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang digunakan selama workshop yang dibiayai dengan
bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini:
1.
Ruang kegiatan Workshop dengan daya
tampung 50 orang
2.
Laptop dan perlengkapannya
3.
Modem
4.
LCD Proyektor dan Layar
5.
Printer dan Tinta
6.
Kertas dan peralatan tulis lainnya
7.
Staples dan isi staples
8.
CD R/W
9.
Kamera digital
C. Deskripsi Program (Struktur Program, Silabus, Bahan Ajar)
1.Struktur
Program
No.
|
Mata Workshop
|
Jam
|
1.
|
Pembukaan, Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Paparan
Pengembangan Diri, Paparan Publikasi Ilmiah,
Paparan Publikasi Ilmiah, dan Paparan Karya Inovatif.
|
5
|
2.
|
Identifikasi dan perumusan masalah pengembangan silabus, Penyusunan
draf pengembangan silabus, Penyusunan draf pengembangan silabus, Asistensi
penyusunan pengembangan silabus, Finalisasi penyusunan pengembangan silabus,
dan Presentasi hasil pengembangan silabus.
|
5
|
3.
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program tahunan,
Penyusunan draf program tahunan, Asistensi penyusunan program tahunan,
Finalisasi penyusunan program tahunan, dan Presentasi hasil penyusunan
program tahunan.
|
5
|
4.
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program semester,
Penyusunan draf program semester, dan Asistensi penyusunan progam semester.
|
5
|
5.
|
Finalisasi penyusunan Program semester, dan Presentasi hasil
penyusunan program.
|
5
|
6.
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan RPP, Penyusunan draf
RPP, dan Asistensi penyusunan RPP.
|
5
|
7.
|
Finalisasi penyusunan RPP, dan Presentasi hasil penyusunan RPP.
|
5
|
8.
|
Identifikasi dan perumusan masalah penulisan Modul/Diktat, Penyusunan
draf penulisan Modul/Diktat, dan Asistensi penyusunan penulisan Modul/Diktat.
|
5
|
9.
|
Finalisasi penyusunan penulisan Modul/Diktat, dan Presentasi hasil
penulisan Modul/Diktat.
|
5
|
10.
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan Soal, Penyusunan draf
kisi-kisi Soal, Asistensi penyusunan kisi-kisi Soal, Penyusunan draf kartu
Soal, dan Asistensi penyusunan kartu Soal.
|
5
|
11.
|
Penyusunan draf naskah Soal, Asistensi penyusunan naskah Soal,
Finalisasi penyusunan naskah Soal, dan Presentasi hasil penyusunan naskah Soal.
|
5
|
12.
|
Paparan penulisan artikel jurnal, Identifikasi masalah, Perumusan
masalah, dan Penulisan draf artikel jurnal.
|
5
|
13.
|
Pengumpulan data, Analisis data, Asistensi penulisan artikel jurnal,
dan Penulisan artikel jurnal.
|
5
|
14.
|
Penulisan artikel jurnal, Review penulisan artikel jurnal, Finalisasi
penulisan artikel jurnal, dan
|
5
|
15.
|
Paparan penulisan karya ilmiah populer, Identifikasi masalah,
Perumusan masalah, Penyusunan draf artikel karya ilmiah populer, dan
Asistensi penyusunan artikel karya ilmiah popular
|
5
|
16.
|
Asistensi penyusunan artikel karya ilmiah populer, Review artikel
karya ilmiah populer, Review artikel karya ilmiah populer, Finalisasi artikel
karya ilmiah populer.
|
5
|
Jumlah jam tatap muka
|
80 jam
|
2.
Silabus
Kompetensi
|
Materi
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Alokasi waktu
|
Peserta
da-pat mengem-bangkan profesionali-tasnya mela-lui: pengem-bangan diri,
penulisan publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
|
Paparan
pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
|
Peserta dapat me-mahami tentang pengembangan
diri, publikasi il-miah, dan karya inovatif.
|
1.
Paparan penyaji.
2.
Identifikasi, perumusan masalah dan
penyusunan draf proposal
3.
Asistensi dan penyempurna-an draf
propo- sal, dan Penyusunan dan asistensi penyusunan instrument.
4.
Validasi dan perbaikan instrument,
pengumpulan data (collecting data).
5.
Pengumpulan, entry, pengolahan
(analisis dan interpretasi) data.
|
5
jam pelajaran
|
Penyusunan
Silabus.
|
Peserta dapat menyusun Silabus.
|
5
jam pelajaran
|
||
Penyusunan
Program Tahunan.
|
Peserta dapat menyusun Program Tahunan
|
5
jam pelajaran
|
||
Penyusunan
Program Semester.
|
Peserta dapat menyusun Program semester
|
10
jam pelajaran
|
||
|
Penyusunan
RPP.
|
Peserta dapat menyusun RPP
|
6.
Pengolahan dan asistensi pengolahan
(analisis dan interpretasi) data.
7.
Analisis dan interpretasi data
Analisis dan interpretasi data.
8.
Analisis, inter-prettasi data, dan
penyusunan draf laporan.
|
10
jam pelajaran
|
Penyusunan
Modul/Diktat
|
Peserta dapat menyusun Modul/ Diktat
|
10
jam pelajaran
|
||
Penyusunan
Soal
|
Peserta dapat menyusun soal.
|
10
jam pelajaran
|
||
Penyusunan
Modul/Diktat
|
Peserta dapat menyusun Modul/ Diktat
|
10
jam pelajaran
|
||
|
Penyusunan
Soal
|
Peserta dapat menyusun soal.
|
9.
Penyusunan laporan, asis-tensi
penyusunan laporan.
10.
Perbaikan dan finalisasi laporan
.Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan.
|
10
jam pelajaran
|
Peserta
da-pat me-ngembang-kan profesi-onalitasnya melalui: penulisan artikel
jurnal.
|
Penulisan
Artikel Jurnal
|
Peserta dapat menulis artikel jurnal.
|
1.
Paparan penulisan artikel jurnal,
analisis hasil penelitian, penulisan draf artikel jurnal.
2.
Analisis hasil penelitian, penulisan
artikel jurnal.
3.
Penulisan, review, dan finalisasi
artikel jurnal.
|
15
jam pelajaran
|
Peserta
da-pat me-ngembang-kan profesi-onalitasnya melalui: penulisan
|
Penulisan
Artikel Karya Ilmiah Populer
|
Peserta dapat menulis artikel ilmiah popular.
|
1.
Paparan penulisan karya ilmiah
populer, identifikasi dan perumusan masalah, penyusunan draf artikel karya
ilmi-ah populer.
2.
Review draf artikel karya ilmiah
populer, finalisasi artikel karya ilmiah populer.
|
10
jam pelajaran
|
D. Metode
Metode yang digunakan selama workshop
yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini:
1. Ceramah;
2.
Demonstrasi;
3.
Diskusi;
4.
Tanya jawab;
5.
Pemberian Tugas;
6.
Observasi;
7.
Presentasi;
8.
dan lain-lain.
E. Jadwal / Agenda Kegiatan
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir
PTK Dikdas ini dilaksanakan dengan pola 80 jam pelajaran, selama 16 pertemuan,
selama 8 minggu setiap hari Senin (8 hari). Setiap hari 2 pertemuan, setiap
pertemuan selama 5 jam pelajaran. Setiap jam pelajaran selama 45 menit.
No.
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
1.
|
Hari: Senin, tanggal: 3 September 2012, Pertemuan I
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Pembukaan
|
Panitia
|
|
08.15 – 09.00
|
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
|
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
|
|
09.00 – 09.45
|
Paparan Pengembangan Diri
|
Sutarto, S.Pd.
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Paparan Publikasi Ilmiah
|
Sutarto, S.Pd.
|
|
10.45 – 11.30
|
Paparan Karya Inovatif
|
Sutarto, S.Pd.
|
2.
|
Hari: Senin, tanggal: 3 September 2012, Pertemuan II
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Identifikasi dan perumusan masalah pengembangan silabus
|
Budi Wijiarso, S.Pd.
|
|
13.45 – 14.30
|
Penyusunan draf pengembangan silabus
|
Budi Wijiarso, S.Pd.
|
|
14.30 – 15.15
|
Asistensi penyusunan pengembangan silabus
|
Budi Wijiarso, S.Pd.
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Finalisasi penyusunan pengembangan silabus
|
Budi Wijiarso, S.Pd.
|
|
16.15 – 17.00
|
Presentasi hasil pengembangan silabus
|
Budi Wijiarso, S.Pd.
|
3.
|
Hari: Senin, tanggal: 10 September 2012, Pertemuan III
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program tahunan
|
Dra. Margareta MYU
|
|
08.15 – 09.00
|
Penyusunan draf program tahunan
|
Dra. Margareta MYU
|
|
09.00 – 09.45
|
Asistensi penyusunan program tahunan
|
Dra. Margareta MYU
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Finalisasi penyusunan program tahunan
|
Dra. Margareta MYU
|
|
10.45 – 11.30
|
Presentasi hasil penyusunan program tahunan
|
Dra. Margareta MYU
|
4.
|
Hari: Senin, tanggal: 10 September 2012, Pertemuan IV
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
13.45 – 14.30
|
Penyusunan draf program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
14.30 – 15.15
|
Penyusunan draf program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Asistensi penyusunan progam semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
16.15 – 17.00
|
Asistensi penyusunan program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
5.
|
Hari: Senin, tanggal: 17 September 2012, Pertemuan V
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Finalisasi penyusunan Program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
08.15 – 09.00
|
Finalisasi penyusunan program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
09.00 – 09.45
|
Finalisasi penyusunan program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Presentasi hasil penyusunan program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
|
10.45 – 11.30
|
Presentasi hasil penyusunan program semester
|
Mucholifah, S.Pd.
|
6.
|
Hari: Senin, tanggal: 17 September 2012, Pertemuan VI
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd.
|
|
13.45 – 14.30
|
Penyusunan draf RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
|
14.30 – 15.15
|
Penyusunan draf RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Asistensi penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
|
16.15 – 17.00
|
Asistensi penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
7.
|
Hari: Senin, tanggal: 24 September 2012, Pertemuan VII
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Finalisasi penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
|
08.15 – 09.00
|
Finalisasi penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
|
09.00 – 09.45
|
Finalisasi penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd.
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Presentasi hasil penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
|
10.45 – 11.30
|
Presentasi hasil penyusunan RPP
|
M. Solikhin, S.Pd
|
8.
|
Hari: Senin, tanggal: 24 September 2012, PertemuanVIII
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Identifikasi dan perumusan masalah
penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
08.15 – 09.00
|
Penyusunan draf penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
09.00 – 09.45
|
Penyusunan draf penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Asistensi penyusunan penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
10.45 – 11.30
|
Asistensi penyusunan penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
9.
|
Hari: Senin, tanggal: 1 Oktober 2012, Pertemuan IX
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Finalisasi penyusunan
penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
13.45 – 14.30
|
Finalisasi penyusunan
penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
14.30 – 15.15
|
Finalisasi penyusunan
penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Presentasi hasil penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
|
16.15 – 17.00
|
Presentasi hasil penulisan Modul/Diktat
|
Drs. Budi Siswantoro
|
10.
|
Hari: Senin, tanggal: 1 Oktober 2012, Pertemuan X
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
08.15 – 09.00
|
Penyusunan draf kisi-kisi Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
09.00 – 09.45
|
Asistensi penyusunan kisi-kisi Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Penyusunan draf kartu Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
10.45 – 11.30
|
Asistensi penyusunan kartu Soal
|
Dra. Patniwati
|
11.
|
Hari: Senin, tanggal: 8 Oktober 2012, Pertemuan XI
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Penyusunan draf naskah Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
13.45 – 14.30
|
Asistensi penyusunan naskah Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
14.30 – 15.15
|
Finalisasi penyusunan naskah Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Presentasi hasil penyusunan
naskah Soal
|
Dra. Patniwati
|
|
16.15 – 17.00
|
Presentasi hasil penyusunan naskah Soal
|
Dra. Patniwati
|
12.
|
Hari: Senin, tanggal: 8 Oktober 2012, Pertemuan XII
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Paparan
penulisan artikel jurnal
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
13.45 – 14.30
|
Identifikasi masalah
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
14.30 – 15.15
|
Perumusan masalah
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Penulisan draf artikel jurnal
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
16.15 – 17.00
|
Penulisan draf artikel jurnal
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
13.
|
Hari: Senin, tanggal: 22 Oktober 2012, Pertemuan XIII
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Pengumpulan data
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
08.15 – 09.00
|
Analisis data
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
09.00 – 09.45
|
Asistensi penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Asistensi penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
10.45 – 11.30
|
Penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
14.
|
Hari: Senin, tanggal: 22 Oktober 2012, Pertemuan XIV
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
13.45 – 14.30
|
Review penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
14.30 – 15.15
|
Review penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Finalisasi penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
|
16.15 – 17.00
|
Finalisasi penulisan artikel jurnal.
|
Drs. Sunaryo, M.Pd.
|
15.
|
Hari: Senin, tanggal: 5 Nopember 2012, Pertemuan XV
|
||
|
07.30 – 08.15
|
Paparan penulisan karya ilmiah populer
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
08.15 – 09.00
|
Identifikasi masalah
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
09.00 – 09.45
|
Perumusan masalah
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
09.45 – 10.00
|
Istirahat
|
-
|
|
10.00 – 10.45
|
Penyusunan draf artikel ilmiah populer
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
10.45 – 11.30
|
Asistensi penyusunan artikel ilmiah populer
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
16.
|
Hari: Senin, tanggal: 5 Nopember 2012, Pertemuan XVI
|
||
|
13.00 – 13.45
|
Asistensi penyusunan artikel ilmiah popular
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
13.45 – 14.30
|
Review artikel ilmiah popular
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
14.30 – 15.15
|
Review artikel ilmiah populer
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
15.15 – 15.30
|
Istirahat
|
-
|
|
15.30 – 16.15
|
Finalisasi artikel ilmiah populer
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
|
16.15 – 17.00
|
Finalisasi artikel ilmiah populer
|
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
|
F. Nara Sumber / Penyaji / Penatar
Penyaji sejumlah 6 orang, terdiri dari:
1. Drs. H. Bambang Aryawan, MM. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Purworejo)
2. Drs. H Sunaryo, M.Pd. (Pengawas Pendidikan Kabupaten Purworejo)
3. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd. (Kepala SM Negeri 5 Purworejo)
4. Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMP Negeri 21 Purworejo)
5. Sutarto, S.Pd. (Kepala SMP Negeri 34 Purworejo)
6. Budi Wijiarso, S.Pd. (Guru Pemandu dari SMP Negeri 29 Purworejo)
7. Dra. Margareta Mengesti Yoga Utami,
(Guru Pemandu dari SMP Negeri 11 Purworejo)
8. Drs. Budi Siswantoro (Guru Pemandu dari SMP Negeri 36 Purworejo)
9. Dra. Patniwati (Guru Pemandu dari SMP Negeri 30 Purworejo)
10. Mucholifah, S.Pd. (Guru Pemandu dari SMP Negeri 4 Purworejo)
11. M. Solikhin, S.Pd. (Guru Pemandu dari SMP Negeri 4 Purworejo)
G. Peserta
Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP
Negeri/swasta di Kabupaten Purworejo sejumlah 30 orang, terdiri dari:
1.
SMP Negeri : 24 orang (80%)
2.
SMP Swasta : 6 orang (20%)
H. Kepanitiaan
Panitia sejumlah 10 orang, terdiri
dari:
1.
Penanggung jawab : Sutarto, S.Pd.
2.
Ketua :
Budi Wijiarso, S.Pd.
3.
Sekretaris : Dra. Margareta Mengesti Yoga Utami
4.
Bendahara : Mucholifah, S.Pd.
5.
Seksi Tempat : Suparman, S.Pd.
6.
Seksi Perlengkapan : Mohamad Solikhin, S.Pd.
7.
Seksi Dekorasi : Drs. Budi Siswantoro
8.
Seksi Dokumentasi : Djoko Pranoto S, S.Pd.
9.
Seksi Konsumsi : Endang Susilowati, S.Pd.
10.
Seksi Umum : Dra. Patniwati
I. Penggunaan Dana
Dana sebesar Rp 28.000.000,00 (dua
puluh delapan juta rupah) digunakan untuk pelaksanaan workshop pengembangan
karir PTK Dikdas: MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo,
dengan rincian sebagai berikut:
1. Persiapan sebesar: Rp 1.161.500,00
2. Pelaksanaan Kegiatan sebesar: Rp
25.538.000,00
3. Pelaporan sebesar: Rp 798.500,00
4. Publikasi Ilmiah Rp. 502.000,00
5. Rincian Penggunaan Dana:
No
|
Uraian Kegiatan
|
Total
|
Total
|
||||
(Rp)
|
(Rp)
|
||||||
RENCANA
|
REALISASI
|
||||||
1. Penerimaan
|
|||||||
|
Penerimaan Bantuan Dana Pengembangan
Karir PTK Dikdas
|
28.000.000
|
28.000.000
|
||||
2. Pengeluaran
|
|||||||
a. Persiapan
|
1.400.000
|
1.161.500
|
|||||
1)
|
Persiapan penyusunan proposal
|
50.000
|
60.000
|
||||
2)
|
Penyusunan proposal
|
900.000
|
900.000
|
||||
3)
|
Penggandaan proposal
|
400.000
|
156.500
|
||||
4)
|
Pengiriman proposal
|
50.000
|
45.000
|
||||
b. Pelaksanaan Kegiatan
|
25.200.000
|
25.538.000
|
|||||
1)
|
Honorarium Panitia selama 8 hari
|
||||||
|
a) Penanggung jawab
|
600.000
|
480.000
|
||||
|
b) Ketua
|
600.000
|
400.000
|
||||
|
c) Sekretaris
|
520.000
|
360.000
|
||||
|
d) Bendahara
|
520.000
|
360.000
|
||||
|
e) Anggota:2 orang
|
640.000
|
640.000
|
||||
|
F) Anggota: 4 orang
|
960.000
|
960.000
|
||||
2)
|
Honorarium Penyaji
|
6.000.000
|
5.300.000
|
||||
3)
|
Honorarium Peserta: 30 orang
|
2.400.000
|
4.800.000
|
||||
4)
|
Uang transportasi Pantia selama 8
hari
|
||||||
|
a) Penanggung jawab
|
320.000
|
320.000
|
||||
|
b) Ketua
|
320.000
|
320.000
|
||||
|
c) Sekretaris
|
320.000
|
320.000
|
||||
|
d) Bendahara
|
320.000
|
320.000
|
||||
|
e) Anggota: 6 orang
|
1.920.000
|
1.920.000
|
||||
5)
|
Uang transportasi Penyaji
|
320.000
|
210.000
|
||||
6)
|
Konsumsi selama 8 hari
|
||||||
|
a) Minuman dan makanan kecil pagi
|
1.968.000
|
1.968.000
|
||||
|
b) Makan siang
|
4.264.000
|
4.264.000
|
||||
|
c) Minuman dan makanan kecil sore
|
1.968.000
|
1.968.000
|
||||
7)
|
Alat dan Bahan
|
||||||
|
a) ATK
|
120.000
|
120.000
|
||||
|
b) Foto copy
|
200.000
|
108.000
|
||||
|
c) Sertifikat / STTPL Penyaji dan Peserta
|
360.000
|
400.000
|
||||
c. Pelaporan
|
700.000
|
798.500
|
|||||
1)
|
Persiapan Penyusunan Laporan
|
50.000
|
60.000
|
||||
2)
|
Penyusunan Laporan
|
500.000
|
500.000
|
||||
3)
|
Penggandaan Laporan
|
100.000
|
238.500
|
||||
4)
|
Pengiriman Laporan
|
50.000
|
0
|
||||
d. Publikasi
|
700.000
|
502.000
|
|||||
1)
|
Publikasi hard copy
|
460.000
|
242.000
|
||||
2)
|
Publikasi soft copy (CD)
|
230.000
|
242.000
|
||||
3)
|
Publikasi melalui internet
|
10.000
|
18.000
|
||||
Total
Pengeluaran
|
28.000.000
|
28.000.000
|
|||||
BAB
III
HASIL,
EVALUASI, MASALAH DAN PEMECAHAN,
DAN
TINDAK LANJUT
A. Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan
bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas, khususnya untuk guru Pendidikan
Kewarganegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo ini menghasilkan:
a.
guru mampu mengembangkan silabus yang
sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
b.
guru mampu menyusun program tahunan
yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
c.
guru mampu menyusun program semester
yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
d.
guru mampu menyusun rencana persiapan
pembelajaran yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
e.
guru mampu menyusun diktat sesuai
dengan mata pelajaran yang diajarkan;
f.
guru mampu menyusun soal yang sesuai
dengan kaidah penulisan soal.
g.
guru mampu menulis artikel jurnal
dengan baik dan benar.
h.
guru mampu menulis artikel ilmiah
populer dengan baik dan benar.
B. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan secara umum
berjalan dengan baik. Para peserta sangat antusias dengan kegiatan workshop ini.
Pada umumnya mereka berharap hasil dari workshop ini berguna untuk pengembangan
karir mereka. Sebagian dari mereka bahkan baru pertama kalinya mengikuti
workshop semacam ini. Sebagian yang lain mengaku mendapat materi baru dalam
workshop ini.
C. Masalah dan Pemecahan
Banyak masalah yang ditemukan selama
pelaksanaan workshop:
1. Pencairan bantuan dana tidak dengan segera diketahui oleh pengurus MGMP
Pendidikan Kewarganegaraan, dikarenakan belum ada surat yang menyatakan
proposal permohonan bantuan dana untuk kegiatan Workshop Pengembangan Karir PTK
Dikdas diterima.
2. Jam mengajar guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten
Purworejo ada disetiap hari kerja sehingga sulit untuk mengatur jadwal kegiatan
workshop dan tugas mengajar.
3. Menentukan tempat kegiatan workshop agak sulit dikarenakan hampir
sebagian besar sekolah-sekolah sedang melaksanakan kegiatan rehab gedung
sehingga tidak ada ruang yang kosong.
4. Kesibukan Narasumber yang padat sehingga sulit mengatur waktu sesuai
jadwal yang disediakan, khususnya narasumber dari luar MGMP Pendidikan
Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo.
Pemecahan dari permasalahan di atas
melalui musyawarah Panitia:
1. Pelaksanaan kegiatan workshop diselenggarakan sesuai dengan kegiatan
rutin MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo dengan anggaran
yang ada sambil menunggu proposal bantuan dana diterima.
2. Pelaksanaan kegiatan workshop diselenggarakan sesuai hari MGMP yang
telah disepakati bersama setiap hari Senin. Peserta yang tidak dapat mengikuti
kegiatan workshop dikarenakan tidak ada jam kosong diganti dengan peserta yang
lain.
3. Ketersediaan tempat kegiatan workshop yang terbatas diatasi dengan
memindahkan tempat kegiatan dari satu sekolah ke sekolah yang lain yang bisa
untuk menjadi tempat kegiatan.
4. Menyesuaikan jadwal yang terencana dengan waktu narasumber yang
tersedia.
D. Tindak Lanjut
1. Hasil kegiatan workshop ditularkan kepada guru-guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di sekolah masing-masing peserta.
2. Hal-hal yang belum terselesaikan di dalam workshop menjadi pekerjaan
rumah MCMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo untuk
diselesaikan dalam kegiatan yang akan datang.
BAB IV
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Laporan pelaksanaan ini disampaikan
sebagai pertanggungjawaban atas bantuan dana pengembangan karir PTK dikdas
sebesar Rp 28.000.000,- (dua puluh delapan juta rupiah). Bantuan dana itu telah
dipergunakan untuk membiayai workshop pengembangan karir guru Pendidikan
Kewarganegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo. Pengembangan karir
guru ini akan berdampak pada:
a. meningkatnya kinerja guru peserta kegiatan ini;
b. meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran;
c. meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan nasional; dan
d. meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.
B.
REKOMENDASI
Bantuan dana pengembangan karir PTK dikdas: MGMP SMP tahun berikutnya
masih sangat dibutuhkan. Bantuan dana yang akan datang agar diberikan tepat
pada waktunya, sehingga kegiatannya pun akan terlaksana sesuai dengan waktu
yang telah direncanakan dan menghasilkan hasil seperti yang diharapkan.
1.
-----, Pedoman Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP
SMP/SATLAKDIK TNI Tahun 2012 Buku 3.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan tahun 2012.
2. ------, Proposal Pemberian Bantuan
Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP
Kabupaten Puworejo. Tim MGMP Pendidikan
Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo, Tahun 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar