Minggu, 30 Desember 2012

LAPORAN
WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR PTK DIKDAS
MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN SMP
KABUPATEN PURWOREJO
TAHUN2012


BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang
Sampai saat ini, fakta objektif di lapangan menunjukkan bahwa eksistensi guru nasional cenderung kurang memuaskan. Hal demikian berakibat pada lambatnya peningkatan mutu pendidikan nasioal sehingga kurang mendukung terwujudnya sumber daya manusia (SDM) pembangunan nasional yang andal dan professional. Akibatnya SDM nasional kurang mampu bersaing secara optimum, baik pada tataran nasional maupun internasional.
Sehubungan dengan itu, perlu peningkatan kompetensi, pengembangan profesionalitas, dan pengembangan karir guru nasional melalui berbagai daya dan upaya . Salah satunya yaitu melalui pemberdayaan kelompok kerja, khususnya musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) untuk sekolah menengah pertama (SMP) di seluruh wilayah republik tercinta ini. Hal demikian karena secara empirik MGMP SMP tersebut telah menunjukkan partisipasi aktif untuk meningkatkan frekuensi, intensitas, motivasi, disiplin, dan tanggungjawab dalam pengembangan karir anggotanya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.
Secara empirik, pemberian bantuan dana kepada kelompok kerja guru, khususnya MGMP SMP, telah memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan mutu guru di tanah air. Pemberian bantuan dana kepada MGMP SMP tersebut telah mampu mendorong guru untuk mengembangkan karirnya secara proposional dan membanggakan.
Pemberian bantuan dana kepada kelompok kerja guru, khususnya MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo akan digunakan untuk kegiatan workshop pengembangan karir guru, yang meliputi: Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, Karya Inovatif, Penulisan Artikel Jurnal, dan Penulisan Karya Ilmiah Populer. Pengembangan diri yang sesuai dengan kebutuhan guru anggota MGMP Pendidikan kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo adalah pengembangan: Silabus, Program Tahunan, Program Semester, dan Rencana Persiapan Pembelajaran. Sedangkan Karya Inovatif yang dipilih adalah: Penyusunan Soal. Dan Penulisan publikasi ilmiah yang dipilih adalah: Penulisan Modul/Diktat.

2.     Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP SMP Tahun 2012 ini antara lain:
1.    Program Kerja MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo Periode Tahun 2012 – 2016;
2.    Pedoman Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP SMP/Satlakdik TNI Tahun 2012, Buku 3, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud.
3.    Pertemuan Pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo Periode Tahun 2012 – 2016 tanggal 14 Mei 2012 di SMP Negeri 34 Purworejo.
4.    Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Nomor : 5546/C5.3/LL/2012 tanggal 16 Juli 2012 tentang Pemberitahuan Blockgrant Pembinaan Karir melalui MGMP.

3.     Tujuan
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas, khususnya untuk guru SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo ini bertujuan agar:
a.       guru mampu mengembangkan silabus yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
b.      guru mampu mengembangkan program tahunan yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
c.       guru mampu mengembangkan program semester yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
d.      guru mampu mengembangkan rencana persiapan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
e.       guru mampu menulis modul/diktat sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan;
f.        guru mampu menyusun soal yang sesuai dengan kaidah penulisan soal.
g.       guru mampu menulis artikel jurnal dengan baik dan benar.
h.      guru mampu menulis artikel ilmiah populer dengan baik dan benar.

4.     Sasaran
Sasaran peserta kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini adalah guru Pendidikan Kewargnegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo sejumlah: 30 orang.

5.     Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan workshop ini adalah adanya 30 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo yang mampu menghasilkan:
1.    memiliki kesamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan karirnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya;
2.    mampu meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas pengembangan karirnya  masing-masing di sekolahnya;
3.    mampu meningkatkan pengembangan karirnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya.

6.     Manfaat
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh:
1.    Pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo sebagai acuan pelaksanaan kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas;
2.    Peserta kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas sebagai acuan untuk memiliki kesamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan karirnya, meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas pengembangan karirnya, dan meningkatkan pengembangan karirnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya.

7.     Dampak
Dampak dari pelaksanaan kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini, antara lain:
1.    meningkatnya frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar pikiran dan pengalaman antar guru peserta kegiatan ini;
2.    meningkatnya profesionalitas guru peserta kegiatan ini yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan karir;
3.    meningkatnya keberdayaan guru peserta kegiatan ini dalam pengembangan karir;
4.      meningkatnya perolehan angka kredit guru peserta kegiatan ini;
5.    meningkatnya kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan jabatan fungsional guru peserta kegiatan ini;
6.      meningkatnya karir guru peserta kegiatan ini;
7.      meningkatnya kinerja guru peserta kegiatan ini;
8.      meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran;
9.      meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan nasional;
10.  meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.



                                                                          BAB II
PELAKSANAAN

A.     Tempat dan Waktu
Tempat                 : SMP Negeri 11 Purworejo
Hari                       : Setiap hari Senin
Tanggal                : 3 September 2012 sampai dengan 5 November 2012
Jam                        : 07.30 – 11.30 (pertemuan pertama)
                                13.00 – 17.00 (pertemuan kedua)
No
Pert.  ke:
Hari
Tanggal
Jam
1
Pertama
Senin
3 September 2012
07.30 – 11.30
2
Kedua
Senin
3 September 2012
13.00 – 17.00
3
Ketiga
Senin
10 September 2012
07.30 – 11.30
4
Keempat
Senin
10 September 2012
13.00 – 17.00
5
Kelima
Senin
17 September 2012
07.30 – 11.30
6
Keenam
Senin
17 September 2012
13.00 – 17.00
7
Ketujuh
Senin
24 September 2012
07.30 – 11.30
8
Kedelapan
Senin
24 September 2012
13.00 – 17.00
9
Kesembilan
Senin
1 Oktober 2012
07.30 – 11.30
10
Kesepuluh
Senin
1 Oktober 2012
13.00 – 17.00
11
Kesebelas
Senin
8 Oktober 2012
07.30 – 11.30
12
Keduabelas
Senin
8 Oktober 2012
13.00 – 17.00
13
Ketigabelas
Senin
22 Oktober 2012
07.30 – 11.30
14
Keempatbelas
Senin
22 Oktober 2012
13.00 – 17.00
15
Kelimabelas
Senin
5 Nopember 2012
07.30 – 11.30
16
Keenambelas
Senin
5 Nopember 2012
13.00 – 17.00

B.     Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang digunakan selama workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini:
1.      Ruang kegiatan Workshop dengan daya tampung 50 orang
2.      Laptop dan perlengkapannya
3.      Modem
4.      LCD Proyektor dan Layar
5.      Printer dan Tinta
6.      Kertas dan peralatan tulis lainnya
7.      Staples dan isi staples
8.      CD R/W
9.      Kamera digital

C.      Deskripsi Program (Struktur Program, Silabus, Bahan Ajar)
1.Struktur Program
No.
Mata Workshop
Jam
1.
Pembukaan, Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Paparan Pengembangan Diri, Paparan Publikasi Ilmiah,  Paparan Publikasi Ilmiah, dan Paparan Karya Inovatif.
5
2.
Identifikasi dan perumusan masalah pengembangan silabus, Penyusunan draf pengembangan silabus, Penyusunan draf pengembangan silabus, Asistensi penyusunan pengembangan silabus, Finalisasi penyusunan pengembangan silabus, dan Presentasi hasil pengembangan silabus.

5
3.
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program tahunan, Penyusunan draf program tahunan, Asistensi penyusunan program tahunan, Finalisasi penyusunan program tahunan, dan Presentasi hasil penyusunan program tahunan.

5
4.
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program semester, Penyusunan draf program semester, dan Asistensi penyusunan progam semester.

5
5.
Finalisasi penyusunan Program semester, dan Presentasi hasil penyusunan program.

5
6.
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan RPP, Penyusunan draf RPP, dan Asistensi penyusunan RPP.

5
7.
Finalisasi penyusunan RPP, dan Presentasi hasil penyusunan RPP.

5
8.
Identifikasi dan perumusan masalah penulisan Modul/Diktat, Penyusunan draf penulisan Modul/Diktat, dan Asistensi penyusunan penulisan Modul/Diktat.

5
9.
Finalisasi penyusunan penulisan Modul/Diktat, dan Presentasi hasil penulisan Modul/Diktat.

5
10.
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan Soal, Penyusunan draf kisi-kisi Soal, Asistensi penyusunan kisi-kisi Soal, Penyusunan draf kartu Soal, dan Asistensi penyusunan kartu Soal.

5
11.
Penyusunan draf naskah Soal, Asistensi penyusunan naskah Soal, Finalisasi penyusunan naskah Soal, dan Presentasi hasil penyusunan  naskah Soal.

5
12.
Paparan penulisan artikel jurnal, Identifikasi masalah, Perumusan masalah, dan Penulisan draf artikel jurnal.

5
13.
Pengumpulan data, Analisis data, Asistensi penulisan artikel jurnal, dan Penulisan artikel jurnal.

5
14.
Penulisan artikel jurnal, Review penulisan artikel jurnal, Finalisasi penulisan artikel jurnal, dan

5
15.
Paparan penulisan karya ilmiah populer, Identifikasi masalah, Perumusan masalah, Penyusunan draf artikel karya ilmiah populer, dan Asistensi penyusunan artikel karya ilmiah popular

5
16.
Asistensi penyusunan artikel karya ilmiah populer, Review artikel karya ilmiah populer, Review artikel karya ilmiah populer, Finalisasi artikel karya  ilmiah populer.

5
Jumlah jam tatap muka
80 jam


2.                  Silabus
Kompetensi
Materi
Indikator
Pengalaman Belajar
Alokasi waktu
Peserta da-pat mengem-bangkan profesionali-tasnya mela-lui: pengem-bangan diri, penulisan publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
Paparan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
Peserta dapat me-mahami tentang pengembangan diri, publikasi il-miah, dan karya inovatif.
1.      Paparan penyaji.
2.      Identifikasi, perumusan masalah dan penyusunan draf proposal
3.      Asistensi dan penyempurna-an draf propo- sal, dan Penyusunan dan asistensi penyusunan instrument.
4.      Validasi dan perbaikan instrument, pengumpulan data (collecting data).
5.      Pengumpulan, entry, pengolahan (analisis dan interpretasi) data.
5 jam pelajaran
Penyusunan Silabus.
Peserta dapat menyusun Silabus.
5 jam pelajaran
Penyusunan Program Tahunan.
Peserta dapat menyusun Program Tahunan
5 jam pelajaran
Penyusunan Program Semester.

Peserta dapat menyusun Program semester
10 jam pelajaran

Penyusunan RPP.

Peserta dapat menyusun RPP
6.   Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data.
7.      Analisis dan interpretasi data Analisis dan interpretasi data.
8.      Analisis, inter-prettasi data, dan penyusunan draf laporan.

10 jam pelajaran
Penyusunan Modul/Diktat
Peserta dapat menyusun Modul/ Diktat
10 jam pelajaran
Penyusunan Soal
Peserta dapat menyusun soal.
10 jam pelajaran
Penyusunan Modul/Diktat
Peserta dapat menyusun Modul/ Diktat
10 jam pelajaran

Penyusunan Soal
Peserta dapat menyusun soal.
9.      Penyusunan laporan, asis-tensi penyusunan laporan.
10.  Perbaikan dan finalisasi  laporan
.Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan.
10 jam pelajaran
Peserta da-pat me-ngembang-kan profesi-onalitasnya melalui: penulisan artikel jurnal.
Penulisan Artikel Jurnal
Peserta dapat menulis artikel jurnal.
1.      Paparan penulisan artikel jurnal, analisis hasil penelitian, penulisan draf artikel jurnal.
2.      Analisis hasil penelitian, penulisan artikel jurnal.
3.      Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal.
15 jam pelajaran
Peserta da-pat me-ngembang-kan profesi-onalitasnya melalui: penulisan
Penulisan Artikel Karya Ilmiah Populer
Peserta dapat menulis artikel ilmiah popular.
1.      Paparan penulisan karya ilmiah populer, identifikasi dan perumusan masalah, penyusunan draf artikel karya ilmi-ah populer.
2.      Review draf artikel karya ilmiah populer, finalisasi artikel karya ilmiah populer.













10 jam pelajaran

D.     Metode
Metode yang digunakan selama workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini:
1.      Ceramah;
2.        Demonstrasi;
3.        Diskusi;
4.        Tanya jawab;
5.        Pemberian Tugas;
6.        Observasi;
7.        Presentasi;
8.        dan lain-lain.

E.      Jadwal / Agenda Kegiatan
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas ini dilaksanakan dengan pola 80 jam pelajaran, selama 16 pertemuan, selama 8 minggu setiap hari Senin (8 hari). Setiap hari 2 pertemuan, setiap pertemuan selama 5 jam pelajaran. Setiap jam pelajaran selama 45 menit.
No.
Pukul
Kegiatan
Penyaji
1.
Hari: Senin, tanggal: 3 September 2012, Pertemuan I

07.30 – 08.15
Pembukaan
Panitia

08.15 – 09.00
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

09.00 – 09.45
Paparan Pengembangan Diri
Sutarto, S.Pd.

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Paparan Publikasi Ilmiah
Sutarto, S.Pd.

10.45 – 11.30
Paparan Karya Inovatif
Sutarto, S.Pd.
2.
Hari: Senin, tanggal: 3 September 2012, Pertemuan II

13.00 – 13.45
Identifikasi dan perumusan masalah pengembangan silabus
Budi Wijiarso, S.Pd.

13.45 – 14.30
Penyusunan draf pengembangan silabus
Budi Wijiarso, S.Pd.

14.30 – 15.15
Asistensi penyusunan pengembangan silabus
Budi Wijiarso, S.Pd.

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Finalisasi penyusunan pengembangan silabus
Budi Wijiarso, S.Pd.

16.15 – 17.00
Presentasi hasil pengembangan silabus
Budi Wijiarso, S.Pd.
3.
Hari: Senin, tanggal: 10 September 2012, Pertemuan III

07.30 – 08.15
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program tahunan
Dra. Margareta MYU

08.15 – 09.00
Penyusunan draf program tahunan
Dra. Margareta MYU

09.00 – 09.45
Asistensi penyusunan program tahunan
Dra. Margareta MYU

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Finalisasi penyusunan program tahunan
Dra. Margareta MYU

10.45 – 11.30
Presentasi hasil penyusunan program tahunan
Dra. Margareta MYU
4.
Hari: Senin, tanggal: 10 September 2012, Pertemuan IV

13.00 – 13.45
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan program semester
Mucholifah, S.Pd.

13.45 – 14.30
Penyusunan draf program semester
Mucholifah, S.Pd.

14.30 – 15.15
Penyusunan draf program semester
Mucholifah, S.Pd.

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Asistensi penyusunan progam semester
Mucholifah, S.Pd.

16.15 – 17.00
Asistensi penyusunan program semester
Mucholifah, S.Pd.
5.
Hari: Senin, tanggal: 17 September 2012, Pertemuan V

07.30 – 08.15
Finalisasi penyusunan Program semester
Mucholifah, S.Pd.

08.15 – 09.00
Finalisasi penyusunan program semester
Mucholifah, S.Pd.

09.00 – 09.45
Finalisasi penyusunan program semester
Mucholifah, S.Pd.

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Presentasi hasil penyusunan program semester
Mucholifah, S.Pd.

10.45 – 11.30
Presentasi hasil penyusunan program semester
Mucholifah, S.Pd.
6.
Hari: Senin, tanggal: 17 September 2012, Pertemuan VI

13.00 – 13.45
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd.

13.45 – 14.30
Penyusunan draf RPP
M. Solikhin, S.Pd

14.30 – 15.15
Penyusunan draf RPP
M. Solikhin, S.Pd

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Asistensi penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd

16.15 – 17.00
Asistensi penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd
7.
Hari: Senin, tanggal: 24 September 2012, Pertemuan VII

07.30 – 08.15
Finalisasi penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd

08.15 – 09.00
Finalisasi penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd

09.00 – 09.45
Finalisasi penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd.

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Presentasi hasil penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd

10.45 – 11.30
Presentasi hasil penyusunan RPP
M. Solikhin, S.Pd
8.
Hari: Senin, tanggal: 24 September 2012, PertemuanVIII

07.30 – 08.15
Identifikasi dan perumusan masalah  penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

08.15 – 09.00
Penyusunan draf penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

09.00 – 09.45
Penyusunan draf penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Asistensi penyusunan penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

10.45 – 11.30
Asistensi penyusunan penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro
9.
Hari: Senin, tanggal: 1 Oktober 2012, Pertemuan IX

13.00 – 13.45
Finalisasi penyusunan
penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

13.45 – 14.30
Finalisasi penyusunan
penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

14.30 – 15.15
Finalisasi penyusunan
penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Presentasi hasil penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro

16.15 – 17.00
Presentasi hasil penulisan Modul/Diktat
Drs. Budi Siswantoro
10.
Hari: Senin, tanggal: 1 Oktober 2012, Pertemuan X

07.30 – 08.15
Identifikasi dan perumusan masalah penyusunan Soal
Dra. Patniwati

08.15 – 09.00
Penyusunan draf kisi-kisi Soal
Dra. Patniwati

09.00 – 09.45
Asistensi penyusunan kisi-kisi Soal
Dra. Patniwati

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Penyusunan draf kartu Soal
Dra. Patniwati

10.45 – 11.30
Asistensi penyusunan kartu Soal
Dra. Patniwati
11.
Hari: Senin, tanggal: 8 Oktober 2012, Pertemuan XI

13.00 – 13.45
Penyusunan draf naskah Soal
Dra. Patniwati

13.45 – 14.30
Asistensi penyusunan naskah Soal
Dra. Patniwati

14.30 – 15.15
Finalisasi penyusunan naskah Soal
Dra. Patniwati

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Presentasi hasil penyusunan  naskah Soal
Dra. Patniwati

16.15 – 17.00
Presentasi hasil penyusunan naskah Soal
Dra. Patniwati
12.
Hari: Senin, tanggal: 8 Oktober 2012, Pertemuan XII

13.00 – 13.45
Paparan penulisan artikel jurnal
Drs. Sunaryo, M.Pd.

13.45 – 14.30
Identifikasi masalah
Drs. Sunaryo, M.Pd.

14.30 – 15.15
Perumusan masalah
Drs. Sunaryo, M.Pd.

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Penulisan draf artikel jurnal
Drs. Sunaryo, M.Pd.

16.15 – 17.00
Penulisan draf artikel jurnal
Drs. Sunaryo, M.Pd.
13.
Hari: Senin, tanggal: 22 Oktober 2012, Pertemuan XIII

07.30 – 08.15
Pengumpulan data
Drs. Sunaryo, M.Pd.

08.15 – 09.00
Analisis data
Drs. Sunaryo, M.Pd.

09.00 – 09.45
Asistensi penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Asistensi penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.

10.45 – 11.30
Penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.
14.
Hari: Senin, tanggal: 22 Oktober 2012, Pertemuan XIV

13.00 – 13.45
Penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.

13.45 – 14.30
Review penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.

14.30 – 15.15
Review penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Finalisasi penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.

16.15 – 17.00
Finalisasi penulisan artikel jurnal.
Drs. Sunaryo, M.Pd.
15.
Hari: Senin, tanggal: 5 Nopember  2012, Pertemuan XV

07.30 – 08.15
Paparan penulisan karya ilmiah populer
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

08.15 – 09.00
Identifikasi masalah
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

09.00 – 09.45
Perumusan masalah
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

09.45 – 10.00
Istirahat
-

10.00 – 10.45
Penyusunan draf artikel ilmiah populer
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

10.45 – 11.30
Asistensi penyusunan artikel ilmiah populer
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd
16.
Hari: Senin, tanggal: 5 Nopember 2012, Pertemuan XVI

13.00 – 13.45
Asistensi penyusunan artikel ilmiah popular
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

13.45 – 14.30
Review artikel ilmiah popular
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

14.30 – 15.15
Review artikel ilmiah populer
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

15.15 – 15.30
Istirahat
-

15.30 – 16.15
Finalisasi artikel ilmiah populer
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

16.15 – 17.00
Finalisasi artikel ilmiah populer
Nikmah Nurbaity, M.Pd./ Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd

F.      Nara Sumber / Penyaji / Penatar
Penyaji sejumlah 6 orang, terdiri dari:
1.      Drs. H. Bambang Aryawan, MM. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo)
2.      Drs. H Sunaryo, M.Pd. (Pengawas Pendidikan Kabupaten Purworejo)
3.      Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd. (Kepala SM Negeri 5 Purworejo)
4.      Teguh Widodo, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMP Negeri 21 Purworejo)
5.      Sutarto, S.Pd. (Kepala SMP Negeri 34 Purworejo)
6.      Budi Wijiarso, S.Pd. (Guru Pemandu dari SMP Negeri 29 Purworejo)
7.      Dra. Margareta Mengesti Yoga Utami,  (Guru Pemandu dari SMP Negeri 11 Purworejo)
8.      Drs. Budi Siswantoro (Guru Pemandu dari SMP Negeri 36 Purworejo)
9.      Dra. Patniwati (Guru Pemandu dari SMP Negeri 30 Purworejo)
10.  Mucholifah, S.Pd. (Guru Pemandu dari SMP Negeri 4 Purworejo)
11.  M. Solikhin, S.Pd. (Guru Pemandu dari SMP Negeri 4 Purworejo)
G.     Peserta
Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri/swasta di Kabupaten Purworejo sejumlah 30 orang, terdiri dari:
1.                  SMP Negeri    : 24 orang (80%)
2.                  SMP Swasta    :   6 orang (20%)

H.    Kepanitiaan
Panitia sejumlah 10 orang, terdiri dari:
1.                  Penanggung jawab    : Sutarto, S.Pd.
2.                  Ketua                          : Budi Wijiarso, S.Pd.
3.                  Sekretaris                   : Dra. Margareta Mengesti Yoga Utami
4.                  Bendahara                 : Mucholifah, S.Pd.
5.                  Seksi Tempat             : Suparman, S.Pd.
6.                  Seksi Perlengkapan   : Mohamad Solikhin, S.Pd.
7.                  Seksi Dekorasi           : Drs. Budi Siswantoro
8.                  Seksi Dokumentasi    : Djoko Pranoto S, S.Pd.
9.                  Seksi Konsumsi         : Endang Susilowati, S.Pd.
10.              Seksi Umum               : Dra. Patniwati

I.       Penggunaan Dana

Dana sebesar Rp 28.000.000,00 (dua puluh delapan juta rupah) digunakan untuk pelaksanaan workshop pengembangan karir PTK Dikdas: MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo, dengan rincian sebagai berikut:
1.      Persiapan sebesar:                                                  Rp   1.161.500,00
2.      Pelaksanaan Kegiatan sebesar:                              Rp 25.538.000,00
3.      Pelaporan sebesar:                                                  Rp       798.500,00
4.      Publikasi Ilmiah                                                        Rp.      502.000,00
5.      Rincian Penggunaan Dana:


No
Uraian Kegiatan
Total
Total

(Rp)
(Rp)

RENCANA
REALISASI
1.     Penerimaan


Penerimaan Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas
28.000.000
28.000.000

2.     Pengeluaran

a.     Persiapan
1.400.000
1.161.500

1)
Persiapan penyusunan proposal
50.000
60.000

2)
Penyusunan proposal
900.000
900.000

3)
Penggandaan proposal
400.000
156.500

4)
Pengiriman proposal
50.000
45.000

b.    Pelaksanaan Kegiatan
25.200.000
25.538.000

1)
Honorarium  Panitia selama 8 hari


a)    Penanggung jawab
600.000
480.000


b)    Ketua
600.000
400.000


c)    Sekretaris
520.000
360.000


d)    Bendahara
520.000
360.000


e)    Anggota:2 orang
640.000
640.000


F)    Anggota: 4 orang
960.000
960.000

2)
Honorarium Penyaji
6.000.000
5.300.000

3)
Honorarium Peserta: 30 orang
2.400.000
4.800.000

4)
Uang transportasi Pantia selama 8 hari


a)    Penanggung jawab
320.000
320.000


b)    Ketua
320.000
320.000


c)    Sekretaris
320.000
320.000


d)    Bendahara
320.000
320.000


e)    Anggota: 6 orang
1.920.000
1.920.000

5)
Uang transportasi Penyaji
320.000
210.000

6)
Konsumsi selama 8 hari


a)    Minuman dan makanan kecil pagi
1.968.000
1.968.000


b)    Makan siang
4.264.000
4.264.000


c)    Minuman dan makanan kecil sore
1.968.000
1.968.000

7)
Alat dan Bahan


a)    ATK
120.000
120.000


b)    Foto copy
200.000
108.000


c)    Sertifikat / STTPL Penyaji dan Peserta
360.000
400.000

c.    Pelaporan
700.000
798.500

1)
Persiapan Penyusunan Laporan
50.000
60.000

2)
Penyusunan Laporan
500.000
500.000

3)
Penggandaan Laporan
100.000
238.500

4)
Pengiriman Laporan
50.000
0

d.    Publikasi
700.000
502.000

1)
Publikasi hard copy
460.000
242.000

2)
Publikasi soft copy (CD)
230.000
242.000

3)
Publikasi melalui internet
10.000
18.000

Total Pengeluaran
28.000.000
28.000.000









 

BAB III
HASIL, EVALUASI, MASALAH DAN PEMECAHAN,
DAN TINDAK LANJUT

A.      Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan workshop yang dibiayai dengan bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas, khususnya untuk guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo ini menghasilkan:
a.         guru mampu mengembangkan silabus yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
b.         guru mampu menyusun program tahunan yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
c.          guru mampu menyusun program semester yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
d.         guru mampu menyusun rencana persiapan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolahnya;
e.         guru mampu menyusun diktat sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan;
f.           guru mampu menyusun soal yang sesuai dengan kaidah penulisan soal.
g.         guru mampu menulis artikel jurnal dengan baik dan benar.
h.         guru mampu menulis artikel ilmiah populer dengan baik dan benar.

B.      Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan secara umum berjalan dengan baik. Para peserta sangat antusias dengan kegiatan workshop ini. Pada umumnya mereka berharap hasil dari workshop ini berguna untuk pengembangan karir mereka. Sebagian dari mereka bahkan baru pertama kalinya mengikuti workshop semacam ini. Sebagian yang lain mengaku mendapat materi baru dalam workshop ini.
C.      Masalah dan Pemecahan
Banyak masalah yang ditemukan selama pelaksanaan workshop:
1.    Pencairan bantuan dana tidak dengan segera diketahui oleh pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan, dikarenakan belum ada surat yang menyatakan proposal permohonan bantuan dana untuk kegiatan Workshop Pengembangan Karir PTK Dikdas diterima.
2.    Jam mengajar guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo ada disetiap hari kerja sehingga sulit untuk mengatur jadwal kegiatan workshop dan tugas mengajar.
3.    Menentukan tempat kegiatan workshop agak sulit dikarenakan hampir sebagian besar sekolah-sekolah sedang melaksanakan kegiatan rehab gedung sehingga tidak ada ruang yang kosong.
4.    Kesibukan Narasumber yang padat sehingga sulit mengatur waktu sesuai jadwal yang disediakan, khususnya narasumber dari luar MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo.
Pemecahan dari permasalahan di atas melalui musyawarah Panitia:
1.      Pelaksanaan kegiatan workshop diselenggarakan sesuai dengan kegiatan rutin MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo dengan anggaran yang ada sambil menunggu proposal bantuan dana diterima.
2.      Pelaksanaan kegiatan workshop diselenggarakan sesuai hari MGMP yang telah disepakati bersama setiap hari Senin. Peserta yang tidak dapat mengikuti kegiatan workshop dikarenakan tidak ada jam kosong diganti dengan peserta yang lain.
3.      Ketersediaan tempat kegiatan workshop yang terbatas diatasi dengan memindahkan tempat kegiatan dari satu sekolah ke sekolah yang lain yang bisa untuk menjadi tempat kegiatan.
4.      Menyesuaikan jadwal yang terencana dengan waktu narasumber yang tersedia.

D.     Tindak Lanjut
1.    Hasil kegiatan workshop ditularkan kepada guru-guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah masing-masing peserta.
2.    Hal-hal yang belum terselesaikan di dalam workshop menjadi pekerjaan rumah MCMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo untuk diselesaikan dalam kegiatan yang akan datang.



 
BAB IV
PENUTUP

A.        SIMPULAN
Laporan pelaksanaan ini disampaikan sebagai pertanggungjawaban atas bantuan dana pengembangan karir PTK dikdas sebesar Rp 28.000.000,- (dua puluh delapan juta rupiah). Bantuan dana itu telah dipergunakan untuk membiayai workshop pengembangan karir guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Purworejo. Pengembangan karir guru ini akan berdampak pada:
a.       meningkatnya kinerja guru peserta kegiatan ini;
b.      meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran;
c.       meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan nasional; dan
d.      meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.

B.        REKOMENDASI
Bantuan dana pengembangan karir PTK dikdas: MGMP SMP tahun berikutnya masih sangat dibutuhkan. Bantuan dana yang akan datang agar diberikan tepat pada waktunya, sehingga kegiatannya pun akan terlaksana sesuai dengan waktu yang telah direncanakan dan menghasilkan hasil seperti yang diharapkan.


                                                           DAFTAR PUSTAKA

1.       -----, Pedoman Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP SMP/SATLAKDIK TNI Tahun 2012 Buku 3.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2012.
2.      ------, Proposal Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas: MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Puworejo. Tim MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo, Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar