Minggu, 05 Januari 2014

Berita di Suara Merdeka

Kegiatan Workshop Pengembangan Karir PTK Dikdas melalui MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan dari tanggal 28 Oktober 2013 sampai dengan 20 Januari 2014 bertempat di SMP Negeri 34 Purworejo telah dimuat di Harian Suara Merdeka tanggal 28 Desember 2013.



Monitoring dan Evaluasi

 Dari kiri ke kanan : Ketua MGMP, Bendahara dan Peserta Workshop

Bertempat di SMP Negeri 15 Purworejo, pada hari Jumat, tanggal 3 Januari 2014 telah diselenggarakan Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Workshop Pengembangan Karir PTK Dikdas melalui MGMP Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kabupaten Purworejo oleh LPMP Jawa Tengah. 

Pelaksanaan Monev dihadiri oleh Perwakilan Pengurus MGMP 2 orang dan seorang peserta workshop.
Kepala SMP Negeri 15 Purworejo bersama Bapak Mujiyanto, LPMP Jawa Tengah



LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKSANAKAN PTK



LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKSANAKAN PTK

Oleh : H. Sunaryo, M.Pd.
Pengawas SMP Kabupaten Purworejo



LANGKAH KE-1

Isilah kotak 1 dengan permasalah pokok yang dihadapi Ibu/Bapak dalam proses pembelajaran di kelas

Misalnya:   Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn terutama dalam KD HAM.



LANGKAH KE-2

Isilah kotak 2a, 2b, 2c...2e dengan berbagai penyebab terjadinya permasalahan pada langkah ke-1. Misalnya:

    a.   prestasi belajar siswa secara umum masih rendah;

    b.   metode pembelajaran  masih ceramah, monoton, berpusat pada guru

    c.   keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, dan diskusi masih  rendah

    d.   guru belum mampu menggali contoh-contoh contekstual

    e.   rendahnya minat atau motivasi siswa mempelajari PKn;

    f.    minimnya sarana belajar yang dimiliki siswa (hanya sedikit sekali siswa yang mampu membeli buku teks;

    g.   animo siswa untuk berusaha memecahkan berbagai kasus permasalahan HAM sangat rendah;

    h.   kemampuan guru dalam memilih metode mengajar sangat terbatas;

    i.    sedikitnya koleksi buku-buku di perpustakaan sekolah yang terkait langsung dengan HAM.








 

















































LANGKAH KE-3

Merumuskan judul PTK

  Singkat dan jelas

  Menggambarkan masalah yang diteliti

  Menggambarkan tindakan perbaikan

  Menggambarkan hasil yang diharapkan

  Menggambarkaan tempat penelitian



Buatlah judul penelitian berdasarkan isi kotak no 1 dengan menambah metode yang akan dipilih. (Upayakan tidak lebih 15 kata)

Misalnya: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HAM DALAM PEMBELAJARAN PKN  DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)



__________________________________________________________________

_________________________________________________________

________________________________________________________

_____________________________________________



LANGKAH KE-4

Kembangkanlah ”Latar Belakang Masalah” berdasarkan langkah 2a, 2b, 2c...2n (3--4 hal.)

1.      Upayakan dari hal-hal yang bersifat umum ke khusus, sehingga seperti membentuk piramida terbalik         

2.      Apabila kehabisan kalimat, buka berbagai contoh boleh disitir dengan mencantumkan sumbernya. Contoh (Basrowi, 2008: 20)





BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

































lanjutkan di belakang lembar ini)
LANGKAH KE-5

B. Identifikasi Masalah

     Pindahkan seluruh langkah ke-2 ke dalam bagian ini

    1.____________________________________________________________________

       ___________________________________________________________________         

    2.____________________________________________________________________

       ___________________________________________________________________        

    3.____________________________________________________________________

       ___________________________________________________________________   

    4.____________________________________________________________________

       ___________________________________________________________________       

    5.____________________________________________________________________

       ___________________________________________________________________

LANGKAH KE-6

C. Pembatasan Masalah

     Pilihlah 1 atau 2 dari 5 permasalahan yang ada pada langkah ke-5 ke dalam bagian ini

    Contoh: Penelitian ini dibatasi pada permasalahan:

1.      masih rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah HAM;

2.      belum teridentifikasinya manfaat metode PBL dalam proses pembelajaran PKn



Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah, permasalahan penelitian ini dibatasi pada: 

    1. ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

   2.  ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        



LANGKAH KE-7

D.  Rumusan Masalah

Ubah dan gabungkanlah pembatasan masalah 1-2 pada langkah ke-6 menjadi kalimat tanya! Contoh: Apakah pembelajaran dengan menggunakan metode PBL mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah HAM?



Berdasarkan latar belakang, identifikasi, dan pembatasan masalah, permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut.   

  1. ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

   2.  ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

LANGKAH KE-8

E. Tujuan Penelitian

     Contoh: Penelitian ini bertujuan untuk:

                   1.  mendeskripsikan manfaat penggunakan metode PBL bagi peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah HAM;

                  2.  mendeskrepsikan manfaat metode PBL dalam peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk:

    1. ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

   2.  ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        



LANGKAH KE-9

F. Manfaat Penelitian

Contoh: Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai berikut.

    1. Bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat:

        a meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode PBL,

        b. digunakan bagi guru yang lain, sebagai salah satu metode pembelajaran pada KD HAM,

        c. meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan PTK.

   2.  Bagi siswa, penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan:

        a.  kemampuan siswa dalam memecahkan masalah HAM,

        b. meningkatkan keberanian siswa dalam bertanya, menjawab, dan menyanggah pendapat guru maupun temannya. 

    3. Bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat:

         a. menambah khasanah PTK bagi peningkatan mutu kompetensi lulusan

         b. meningkatkan efetivitas sekolah dilihat dari standar pendidik dan tenaga kependidikan



Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai berikut.

   1. ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

        ____________________________________________________________________        

   2.  ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

        ____________________________________________________________________        

   3.  ____________________________________________________________________

        ____________________________________________________________________        

        ____________________________________________________________________        



LANGKAH KE-10

Buatlah kerangka teoretiknya. Caranya:

a.       Bukalah buku-buku ilmiah yang relevan dengan judul, misalnya yang membahas teori belajar, proses pembelajaran, model-model pembelajaran, belajar dan pembelajaran, dsb.!

b.      Bukalah berbagai contoh jurnal hasil penelitian tentang PTK, misalnya, Jurnal Pelangi, Jurnal Puspendik, Jurnal Pendidikan, Jurnal Pembelajaran, dsb.!

c.       Bukalah atau pinjamlah berbagai penelitian yang relevan di perpustakaan sekolah-sekolah SSN, SNBI atau Perpustakaan Disdik Kab!

d.      Bukalah internet di Google, dengan mengetik kata-kata kuncinya, misalnya

      (catatlah sumbernya, waktu mengunduh; hari, tanggal, dan jam)!



BAB II

KERANGKA TEORI

A. Konsep Belajar

Deskrepsikan:

a. definisikan konsep belajar dari 2--3 pendapat ahli, kemudian disimpulkan dengan kalimat penulis sendiri sebagai sebuah refleksi teoretik dari penulis;

b. jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dari 2—3 pendapat, kemudian disimpulkan;

c. jelaskan hal-hal lain yang berkaitan dengan konsep belajar, boleh 3-4 halaman, kemudian disimpulkan dengan kalimat penulis sendiri, sebagai sebuah refleksi teoretik penulis sebelum pindah ke sub bab berikutnya.



Catatan:

  1. pada saat menuliskan definisi belajar tuliskan sumbernya secara lengkap
  2. pada saat melakukan refleksi (menyimpulkan definisi, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, dan konsep lain, penulis tidak perlu mencantumkan sumbernya karena merupakan hasil konstruksi penulis berdasarkan hasil pembacaan teori.  



Contoh dari buku/jurnal (hanya diambil intinya shg tidak perlu tanda petik)
 
Latihan:


Contoh dari buku/jurnal (diambil sama persis, sehingga dengan tanda petik)
 
            Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, dari tidak bisa menjadi bisa (Winkel, 1979: 34). Belajar juga dapat diartikan sebagai proses mempelajari suatu ilmu pengetahuan, untuk diketahui, dipahami, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (Sudiyarto, 2008: 87). Sementara itu, Suryabrata (1987: 32) menjelaskan, ”Belajar sebagai proses memindahkan ilmu pengetahuan dari orang lain ke dalam konstruksi mind diri si pelajar sehingga mereka tahu, paham, dan mengerti”.
Contoh dari buku/jurnal (diambil sama persis, lebih dari 3 baris, shg masuk dan 1 spasi
 
Definisi yang lebih detail dijelaskan oleh Muhadjir (1999: 23) bahwa:
           ”Belajar adalah proses pembekalan diri sesorang, baik dengan mendengar, membaca, merasakan hal-hal yang belum dipahami menjadi sebuah pengetahuan baru yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menjadi sebuah pengalaman hidup”.



Refleksi peneliti berdasarkan hasil pembacaan teori yang telah diramu (tanpa sumber)
 
Contoh dari internet diambil intinya saja/tidak sama persis shg tidak memakai tanda petik
 
            Pendapat senada juga dikemukan oleh Suwarno, bahwa proses belajar merupakan proses panjang yang dilakukan orang sejak mereka lahir hingga meninggal dunia, untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan, sehingga orang tersebut mampu memahami dan menerapkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf didup dan kehidupannya (http://www.puspendik,depdiknas,go.id diunduh hari Kamis, 5 Juli 2008, pukul 12.00 wib)

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat dipahami bahwa belajar merupakan...















B. Pembelajaran Kooperatif

     Kerjakanlah dengan langkah yang sama seperti di atas!



















C. Konsep PBL

     Kerjakanlah dengan langkah yang sama seperti di atas!



















D. Hipotesis Tindakan

     Contoh: Metode PBL mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan

                   masalah HAM



(Kerjakan langkah langkah 10A, B, C, dan D di belakang lembar ini)